Amlapura (Bali Post)-
Perayaan HUT Kemerdekaan ke-71 RI kali ini, memberikan kesan bangga bagi SMK PGRI Amlapura. Tergabung dalam Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Kabupaten Karangasem, salah satu siswanya, Ni Kadek Ary Krisnayanti dinobatkan sebagai peraih juara ke-II pada kejuaraan catur Se-Bali Timur kategori Senior Nonmaster yang diselenggarakan oleh Percasi  Kabupaten Klungkung.

Kejuaraan yang berakhir Selasa (2/8) siang melibatkan peserta dari empat kabupaten, di antaranya, Kabupaten Gianyar, Bangli, Klungkung dan Karangasem. Turnamen ini menggunakan sistem pertandingan Swiss yang mencapai 5-6 babak. “Perolehan prestasi ini, saya rasakan sangat khusus. Selain dari percasi, perhatian serta dukungan pihak sekolah untuk terus mengasah bakat yang saya miliki, memacu motivasi saya untuk terus ikut berlomba,” kata Ary Krisnayanti, Selasa (17/8) kemarin, yang duduk di kelas XI Multimedia ini.

Terlebih dari jauh-jauh hari perhatian dari sekolah itu sangat serius. Salah satu yang membuat putri kelahiran Desa Bungaya Kangin, 23 April 2000 itu makin terkesan, ketika pihak sekolah memenuhi harapannya untuk mengadakan ekstrakurikuler catur. Bahkan, pihak sekolah sekaligus mendatangkan pembina demi melatih dan mengembangkan bakatnya dan siswa lain.

Ary Krisnayanti menambahkan, dia akan terus konsisten di bidang catur. Menurutnya dunia catur, salah satu olahraga cukup unik dan menantang. Olahraga ini juga menjadi wadah yang tepat untuk mengasah ketajaman berpikir sekaligus menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan pertandingan. “Saya masih muda, masih punya kesempatan untuk berkembang lagi. Selanjutnya, ingin menjajal kejuaraan serupa ditingkat provinsi atau nasional,” tegasnya.

Ditemui terpisah, Kepala SMK PGRI Amlapura, Drs. I Ketut Sutarsa, Selasa (17/8) kemarin, menyatakan minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa, memang telah didata sejak awal masuk ke sekolah. Itu dilakukan bertujuan untuk mengarahkan dan mendukung siswa agar terus melatih kemampuan yang dimiliki, lebih-lebih nantinya mampu meraih prestasi. Selain itu, apabila ada di antara siswa ada yang kedapatan memiliki kemampuan khusus, maka pihak sekolah juga siap mendatangkan pembina untuk meningkatkan kelangsungan kemampuan siswa. “Ini kami lakukan sebagai bentuk pemberian pelayanan pendidikan yang maksimal kepada para siswa untuk bisa mengeksplorasi minat dan bakat siswa,” katanya.

Saat perayaan hari kemerdekaan, eksplorasi minat dan bakat siswa terus dilanjutkan pihak sekolah. SMK PGRI Amlapura tetap ambil bagian dan menjadi satu-satunya sekolah yang ikut serta untuk mengisi stand pameran Pembangunan Kabupaten Karangasem yang berlokasi di Lapangan Stadion Jalur 11, Jalan Veteran, Padangkerta. Dalam pameran kali ini, secara khusus SMK PGRI Amlapura mengenalkan hasil produksi dan pelayanan yang dihasilkan oleh siswa keahlian Jasa Boga.

Pameran kali ini, SMK PGRI Amlapura secara khusus yang dipamerkan adalah hasil pembelajaran keahlian Jasa Boga, baik dari unsur produksi maupun pelayanannya.  “Selain memberikan bentuk pembelajaran secara nyata, juga merupakan pengenalan secara langsung kegiatan berwirausaha kepada siswa sebelum kedepannya benar-benar masuk ke dunia usaha dan dunia industri,” ungkap Kepala Program Keahlian Ni Luh Putu Sudarmi. (kmb31/100k)