Amlapura (Bali Post)-  SMK PGRI Amlapura kembali mengharumkan nama Karangasem di tingkat provinsi. Film pendek berjudul “Kardus Persahabatan” garapan siswa SMK PGRI Amlapura, sukses meraih juara III dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, 15-17 Juni lalu. Raihan ini cukup istimewa bagi Karangasem yang diwakili SMK PGRI Amlapura, karena baru pertama kali mengikuti ajang ini.

Capaian prestasi di bidang multimedia ini, menjadi salah satu pembuktian bahwa SMK PGRI Amlapura tetap mampu bersaing di tingkat provinsi maupun nasional. Hasil ini cukup menggembirakan bagi Kepala SMK PGRI Amlapura Drs. I Ketut Sutarsa. Ini menjadi bukti bahwa SMK PGRI Amlapura menerapkan sistem pembelajaran yang memiliki kualitas dan arah peluang kerja yang jelas. Sehingga, konsisten melahirkan berbagai prestasi bergengsi dan mencetak lulusan siap kerja. “Melihat potensi siswa, saya yakin tahun depan akan meraih prestasi FLS2N lebih baik dari tahun ini,” kata Sutarsa.

Lewat jurusan yang makin populer seperti multimedia, teknik komputer dan jaringan, akomodasi perhotelan dan jasa boga, SMK PGRI Amlapura tidak hanya konsisten siswa berprestasi, tetapi juga mampu mencetak lulusan yang benar-benar siap kerja. SMK PGRI Amlapura juga membuka jurusan tata rias, untuk mempersiapkan lulusan siap kerja di bidang itu, mengingat peluangnya masih terbuka lebar.

Capaian membanggakan SMK PGRI Amlapura ini, juga menarik perhatian Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. Bupati datang langsung ke stand SMK PGRI Amlapura di areal Festival Karangasem, guna memberikan selamat dan apresiasi. Bupati meminta hasil-hasil karya siswa SMK PGRI Amlapura tidak hanya dilombakan. Tetapi, juga dipamerkan dalam pameran potensi pembangunan Karangasem dan diarsipkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem.

Khusus fim pendek Kardus Persahabatan ini, sebenarnya digarap cukup singkat oleh tim “Sahabat Kardus”. Tim ini terdiri dari siswa Ni Kadek Ary Krisnayanti (penulis naskah), Dewa Ayu Nyoman Adinda Santiani (sutradara), Ni Komang Ary Dhamayanti (kameramen), Ni Putu Pebri Pramita Suari Dewi (tata artistik),  I Komang Ode Sanjaya (editor) dan Putu Doantara Yasa, S.Pd (pembina). Ary Krisnayanti ditemui di sekolahnya, mengaku amat bersyukur atas capaian ini. Film Kardus Persahabatan bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang mengangkat tentang kejujuran, persahabatan dan kepedulian. “Persahabatan mengajarkan pentingnya kejujuran. Sesuai dengan pesan Kemendikbud, bahwa prestasi penting, tetapi kejujuran adalah yang utama,” kata Ary Krisnayanti. (kmb31/100)

Ket Poto :

Tim Sahabat Kardus siswa SMK PGRI Amlapura memperlihatkan piala yang diraih dalam ajang FLS2N bersama Kasek Ketut Sutarsa (kanan)

 

Area lampiran