Amlapura (Bali Post)- 
Pelaksanaan wisuda VII SMK PGRI Amlapura berlangsung dalam suasana hangat sekaligus meriah di Gedung UKM Center Amlapura, Rabu (17/5) kemarin. Sebanyak 101 siswa dari empat jurusan berbeda setelah wisuda ini dipastikan sudah siap kerja, sesuai dengan keahlian masing-masing. Mereka yang telah diwisuda dipastikan lulusan yang sudah berdaya saing dan siap masuk di dunia kerja.
Kepala SMK PGRI Amlapura, Drs. I Ketut Sutarsa, mengatakan seluruh lulusan SMK PGRI Amlapura, tiap tahun selalu terserap di dunia kerja. Setelah belajar di SMK PGRI Amlapura, dia meminta seluruh keterampilan yang dibekali pihak sekolah mampu diterapkan dengan baik di dunia kerja. “Jaga nama baik almamater, setelah wisuda jangan sampai nganggur,” katanya.
Pada kesempatan wisuda VII ini, SMK PGRI juga berbangga hati dengan capaian prestasi sepanjang tahun ini, baik dari siswa maupun para gurunya. Mereka antara lain, Putu Doantara Yasa, S.Pd sebagai juara II Lomba Festival Film Bali tingkat Provinsi tahun 2016. I Wayan Gede Artawa, S.Pd sebagai juara I Lomba Media Presentasi Pembelajaran Tingkat SMA/SMK/MA se-Bali di Undiksha Singaraja dan beberapa prestasi bergengsi lainnya yang diperoleh para guru setempat. Para siswa capaian prestasinya juga mampu mengharumkan nama sekolah. Seperti Ni Kadek Ari Krisnayanti, memperoleh juara I Lomba Catur Porsenijar Kabupaten dan juara II tingkat provinsi. Siswa asal Bungaya ini juga menyabet juara I lomba esay di kabupaten dan berbagai lomba lainnya di tingkat kabupaten dan provinsi.
Tidak hanya Krisnayanti, siswa lainnya seperti I Putu Eka Putra Sumadi Arta, juga menyabet juara di tingkat kabupaten dan provinsi. Seperti juara I lomba banner di Polres Karangasem dan juara II lomba desain poster se-Bali dan Lombok di Stikom Bali serta juara II lomba LKS SMK bidang Anomation tingkat provinsi tahun 2017. Selain dua siswa ini, masih banyak siswa lain dan prestasi yang di raih di bidang akademik maupun non akademik hingga tingkat provinsi. Seperti Ni Komang Ari Dharmayanti yang memperoleh juara I Lomba Film Dokumenter tingkat Provinsi Bali.
Ketua Yayasan PGRI Drs. I Putu Toya, M.M, mengapresiasi capaian SMK PGRI Amlapura. Ditengah persaingan SMA Sederajat, terlebih sesama SMK yang makin menjamur di Karangasem, SMK PGRI mampu terus bertumbuh mencetak lulusan siap kerja, juga berprestasi. “Yayasan siap mendukung SMK PGRI untuk terus berinovasi. Agar terus mampu bersaing dengan SMK lain di Bali,” katanya.
Kepala UPT Disdikpora Provinsi Bali, Drs. I Made Puri Suastika, M.Si, juga angkat topi dengan progres dan capaian SMK PGRI Amlapura. Bahkan, dia berterima kasih, karena SMK PGRI Amlapura, karena selain prestasi juga mampu melaksanakan UNBK dengan baik. Malah, bisa membantu sekolah negeri di Karangasem. “Saya bangga dengan SMK PGRI Amlapura,” tegasnya.
Dalam wisuda VII ini, selain mengundang Kepala UPT Disdikpora Provinsi Bali dan Ketua Yayasan PGRI, juga mengundang Kadisdikpora Karangasem, Dewan Pendidikan, Korwas Disdikpora Provinsi, Ketua Pengurus Daerah PGRI Karangasem, Ketua MKKS SMK Karangasem, Ketua BMPS SMK/SMK Karangasem, Pengawas SMK PGRI Amlapura, Camat, Kapolsek Kota dan Koramil Karangasem. Selain itu, juga mengundang Ketua dan Pengurus Yayasam Pendidikan PGRI Amlapura, Ketua Komite, Kepala SMA PGRI Amlapura, Kepala SMK Negeri dan Swasta se-Karangasem dan Kepala SMP Negeri se-Kecamatan Karangasem hingga para orangtua siswa. (kmb31/100k)